Konsultasi Gratis Bersama Dokter

Kulit Berminyak dan Cara Merawatnya

Kulit Berminyak dan Cara Merawatnya

Sudah mandi, tidak beraktivitas berat, tapi kok kulit masih terasa lengket dan berminyak ya?
Mungkin, Anda adalah orang yang memilki jenis kulit yang berminyak, cantik. Apa itu jenis kulit berminyak itu? Yuk, simak penjelasannya!

Pada dasarnya, tubuh setiap manusia memproduksi minyak untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit.
Tapi bagaimana jika produksi minyak itu berlebih? Nah, kondisi inilah yang disebut jenis kulit berminyak.

Jenis kulit seperti ini biasanya disebabkan oleh produksi sebum dari kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang berlebih. Sebum merupakan zat minyak yang berasal dari lemak. Sedangkan kelenjar sebaceous adalah kelenjar yang terdapat di bawah permukaan kulit.

Kendati sebum berfungsi membantu melindungi dan melembabkan kulit, namun sebum yang berlebih akan menyebabkan kulit wajah Anda menjadi berminyak, pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.
Adapun faktor yang memengaruhi tingginya produksi sebum pada kulit seseorang adalah faktor genetik, perubahan hormon, atau pun stres.

Jenis kulit wajah ini cenderung memiliki pori-pori yang besar, terlihat berkilau namun kusam, dan biasanya disertai komedo, jerawat, serta noda hitam.

Anda yang memiliki jenis kulit ini, bisa merawatnya dengan cara berikut:

  • Rajin mencuci muka setiap hari, minimal dua kali sehari. Hindari produk pembersih wajah dengan kandungan deterjen, dan gunakan sabun pencuci muka yang lembut dan mengandung gliserin.
  • Kertas minyak. Meskipun tidak mencegah produksi sebum berlebih, namun kertas minyak dapat membantu meminimalisir kelebihan minyak di wajah Anda.
  • Kosmetik clay. Kosmetik jenis ini membantu menyerap minyak di kulit wajah dan mengobati banyak kondisi kulit Anda.
  • Hindari makanan yang tidak sehat, seperti makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, dan makanan olahan.
  • Saat kulit terlalu berminyak, kurangi penggunaan makeup, terutama foundation. Pilihlah produk berbahan dasar air bukan berbahan dasar minyak. Carilah produk berlabel noncomedogenic yang cenderung tidak akan menyumbat pori-pori Anda.
  • Jika pembersih wajah umum saja tidak cukup mengurangi kulit Anda, cobalah produk yang mengandung asam, seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi.
  • Gunakan produk tabir surya serta pelembap yang bebas minyak.

Jika perawatan-perawatan tersebut tidak cukup membantu dalam merawat kulit wajah berminyak Anda, disarankan Anda berkonsultasi ke dokter kulit ya, cantik.

Anda bisa nih, konsultasikan masalahmu di Klinik Rumah Cantik. Di sini, Anda juga bisa langsung mendapatkan perawatan apa yang paling cocok untuk masalah kulit Anda.

Untuk konsultasi dan tanya-tanya tentang kecantikan bisa langsung hubungi kita ya, cantik!
Klinik Rumah Cantik Palembang
Jam buka: 09.00-20.00
WA: 085269727921
WA Konsultasi dengan Dokter : 085367339090
Hp: 082182286333
Tlp: 0711 367333
Lokasi: Jl. Angkatan 45 No. 45C Kelurahan Lorok Pakjo Palembang
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#klinikkecantikan #klinikkecantikanpalembang #skincarepalembang #dokterkecantikanpalembang #perawatanwajahpalembang #klinikpalembang #klinikestetikapalembang #klinikrumahcantik #perawatanwajah #perawatankulit #kulitberminyak #perawatankulitwajah #kesehatanwajah #kesehatankulit #kesehatanwanita #kecantikansehat #ragamkecantikan #infokecantikan #tipskecantikan

Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *