Konsultasi Gratis Bersama Dokter

Fakta Kulit Kering Pada Wajah

Fakta Kulit Kering Pada Wajah

Fakta Kulit Kering Pada Wajah
Fakta Kulit Kering Pada Wajah

Kulit kering bisa jadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar kaum hawa. Pasalnya, kulit kering ini bikin wajah terlihat tidak fit saat kumpul-kumpul atau nongkrong sama teman-teman. Fakta tentang kulit kering merupakan jenis yang didapatkan sejak lahir atau karena pemakaian krim yang tidak tepat bisa juga menyebabkan kulit kering. Kamu akan terus mengalami dan biasanya akan terasa keringnya di seluruh bagian wajah. Ciri yang tampak biasanya tampilan pori-pori yang tidak terlihat, elastisitas kurang, garis-garis halus pada wajah lebih terlihat, terasa kasar, dan tampak kusam.

Fakta lain tentang adalah masalah yang terjadi saat lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak terhidrasi dengan baik. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, bahkan hingga pecah-pecah. Dalam istilah medis kulit kering disebut juga dengan xerosis. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, tapi paling umum terjadi pada kaki dan tangan.

Siapa pun bisa terkena kondisi kulit yang satu ini. Namun, orang yang lebih tua biasanya cenderung lebih rentan mengalami kulit kering. Ini karena lansia mengalami penurunan jumlah minyak sebagai pelumas alami kulit. Kulit yang mengering akan cenderung lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan. Jika terlalu parah dan tidak dirawat, ada sederet komplikasi yang mengintai. Mulai dari infeksi bakteri, eksim, hingga retakan kulit yang berdarah.

Fakta Kulit kering dapat menyebabkan gejala dan ciri sebagai berikut:

  • Sensasi kulit yang mengencang, terutama setelah mandi atau berenang
  • Kulit yang terasa dan terlihat kasar
  • Gatal (pruritus)
  • Kulit mengelupas
  • Kulit bersisik
  • Kulit pecah-pecah dengan garis yang tipis
  • Kulit berwarna keabuan pada orang dengan kulit berwarna gelap
  • Kemerahan
  • Pecah-pecah dalam dan bisa sampai berdarah.

Biasanya kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

1. Iklim
Kulit akan berada dalam kondisi paling keringnya pada musim dingin, saat suhu dan kadar kelembaban udara menurun. Selain itu, iklim panas dengan kelembaban rendah juga bisa membuat kulit mengering karena dehidrasi.

2.Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari dalam iklim apa pun bisa membuat kulit mengalami kekeringan. Pasalnya, sinar UV mampu menembus jauh ke bawah permukaan kulit hingga mengurangi kadar minyak alami.

Untuk konsultasi dan tanya-tanya tentang kecantikan bisa langsung hubungi kita ya
Klinik Rumah Cantik Palembang
WA: 085269727921
WA Konsultasi dengan Dokter : 085367339090
Hp: 082182286333
Tlp: 0711 367333
Lokasi: Jl. Angkatan 45 No. 44B Kelurahan Lorok Pakjo Palembang

Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *